Pages

Rabu, 02 Oktober 2013

Tutorial Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)

Sebelum masuk ke langkah-langkah dalam membuat blog ada baik nya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu blog? 
Blog merupakansingkatan dari web blog  adalah bentuk dari aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.(id.wikipedia.org)
Adapun langkah-langkah untuk membuat blog itu adalah sebagai berikut :

 1. Membuat Email di Gmail.com 

 Blogger.com telah di akusisi oleh Google jadi langkah pertama dalam membuat blog di blogspot  ialah kita wajib untuk memiliki akun Gmail sebagai email yang digunakan untuk daftar di blogger.com. Walaupun sebenar nya juga dapat menggunakan akun email lain, tapi ada baiknya kita memanfaatkan yang telah direkomendasikan


Cara membuat email di Gmail :
buka google acount klik disini lalu klik di pojok kanan atas Sign Up yang berwarna merah seperti terlihat pada gambar dibawah.
membuat akun di Gmail
Tinggal isi data data di akun gmail yang akan dibuat seperti nama, tempat tanggal lahir , password dan lain-lain. Biasanya dalam membuat email di GMAIL kita perlu verifikasi lewat nomor handphone jadi usahakan masukan nomor handphone yang bisa dikirimin sms dari Google untuk verifikasi. Setelah email di Gmail dibuat baru kita bisa melanjutkan ke step 2 membuat blog

2. Daftar di Blogger.com

Setelah membuat email di GMAIL sekarang saatnya daftar di www.Blogger.com
buka www.blogger.com lalu masukkan pasword anda di sandi email
log in ke google

Setelah Log in klik lanjutkan ke Blogger kemudian :
Klik Buat Blog/Create Blog
1. Klik blog baru
2. Isi judul blog anda
3. isikan alam/domain blog anda
4. pilih themes/tema blog yang anda sukai
5. Klik Buat Blog
 Pilih Judul dan Alamat blog.


Judul digunakan sebagai penama blog, misal untuk blog ini dulu kuberi judul Blognya Ayead Tergaptek
Alamat merupakan url alamat blog yang diinginkan misal alamat triplepoin.blogspot.com

Saran : dalam memilih judul dan nama blog jangan pilih yang aneh atau susah dieja maupun menggunakan simbol yang aneh-aneh. Pilih yang mudah diingat orang lain dan tidak membingungkan.


Memilih Template Blog
Ada berbagai template bawaan dari blogger yang tersedia sobat bisa memilih terserah sesuai dengan yang disuka lalu klik 'Buat Blog'



Saran: Dalam memilih template blog awal, aku lebih suka dengan template 'AWESOME' karena lebih terlihat simpel tanpa banyak background gambar. Template yang namanya 'Simple' justru sebenarnya tidak simpel seperti namanya karena menggunakan background dalam bentuk gambar sehingga berat untuk dibuka.


3.  Blog Sudah Jadi

Selamat ! sampai disini blog sudah berhasil dibuat, namun masih kosong. Setelah ini akan ada beberapa hal yang perlu di setting sebelum melakukan posting.

"Terimakasih telah membaca, moga-moga bisa di pahami dan langsung di aplikasikan ya...!"

0 komentar:

Posting Komentar